13.6.08

Benahi Sifatmu

Ngaret ! siapa sh yang gak kesel sama hal yang satu ini.
Tapi jujur aja ini salah satu kebiasaan buruk yang sampai sekarang masih sering gw lakuin
Walaupun waktu di jam HP udah dimajuin 5 menit, tapi tetep aja,
janjiannya jam 4 sore masih aja suka nanya "kenapa harus buru-buru?", padahal udah jam 4.

Katanya sih hal kayak gini emang udah jadi habit kita (sebagai orang Indonesia.red)
Cuma kalau dipikir-pikir, apa sih sebenarnya yang ngebikin habit ini muncul? Bisa jadi dari kebiasaan, bisa juga dari pola asuh.

Inget gak waktu kita kecil dulu, di sekolah kita dikasih uang saku, gak lain dan gak bukan uang saku itu diamanatin ke kita buat kita pakai beli makanan(jajan), makannya uang saku lebih sering dikenal dengan sebutan "uang jajan" karena memang tujuannya buat beli makanan. Mungkin kalau dari awal, uang saku itu diamanatin ke kita buat beli sesuatu yang lain, misalnya untuk menyewa buku atau membeli alat tulis, bukan gak mungkin kita bakalan bisa lebih bertanggung jawab sama kebtuhan kita sendiri, gak cuma sekedar menghabiskan uang saku untuk jajan.

Itu kalau ngomongin pola asuh. Kalo ngomongin kebiasaan. kebiasaan itu kan artinya suatu proses yang berulang-ulang kali atau continue. Dengan pengulangannya itu, kita jadi tebiasa dan enak aja ngelakuin hal jelek sifatnya. (ngarti lah da geus gede)

katanya sih bisa-bisa aja yah ngeilangin kebiasaan buruk kita. Yang digoyang (hehe.ga lucu) yang penting motivasi dan kehendak yang kuat dari dalam diri kita sendiri (beuuuuuh, teorinya aja lu nus.red) kalau kita memang beneran pengen ngerubah kebiasaan buruk kita ngerubah kebiasaan buruk kita itu dalam satu waktu yang bersamaan.Tapi yang perlu diingat lagi adalah kita gak mungkin bisa sekaligus ngerubah kebiasaan buruk kita dalam satu waktu yg bersamaan.
Disini kita dituntut buat punya kesabaran yang tinggi. Karena kalau kita memaksakan buat menghilangkan semua kebiasaan buruk kita sekaligus, bisa jadi hasilnya malah kegagalan.

Inilah yang akhirnya ngebikin gw berusaha banget buat nyelesain tulisan ini jauh-jauh sebelum UAS. Karena menunda-nunda pekerjaan adalah satu lagi kebiasaan buruk yang gw punya. Dan sekarang gw bisa kasih applause buat diri gw sendiri krn udah bisa mencoret (walaupun cuma) satu hal dari sekian banyak daftar kebiasaan buruk yg gw punya. tinggal kita tunggu aja coretan-coretan selanjutnya ...
heuheu.

Tidak ada komentar: