8.8.08

Nasionalisme

Banyak masalah yg terjadi di tanah ari kita tercinta dari kenaikan BBM, sampai korupsi . Semua menjadi refleksi kita tepat di bulan Agustus ini, dimana sekali lagi kita diperlihatkan dengan 17Agustus yg menjadi cermin rakyat akan kecintaan mereka terhadap bangsanya atau nasionalis.
hal-hal apa yang menyebabkan rasa nasionalis anak muda indonesia luntur?
mengutip dari sebuah majalah suasta mari kita lihat jawaban para musisi nusantara kita. (yg gw ambil yg debest2nya doank)



Edwin Coklat:
"Segala peraturan jaman dulu yg sudah tidak sesuai dgn sekarang membuat anak muda melupakan nasionalisme. misalkan lagu Indonesia Raya tidak dibawakan dgn ekspresi masing-masing tanpa menghilangkan semangatnya. Bandingkan dgn USA, lagu kebangsaannya bebas dibawakan dgn banyak versi, benderanya bebas dijadikan kostum captain America, wonder woman dll. Harusnya bentuk nasionalisme kita bisa diekspresikan seperti itu juga."

Arian 13:
"Jangan salahkan generasi muda sekarang kalau this so-called naionalism luntur, krn sepertinya semakin hari hidup di INA semakin dipersulit oleh pemerintah atau orang-orang tolol, yg atas nama demokrasi, merasa benar."

Revan Rajasinga:
"Tanyakan saja pada media. Mending milih station TV dan baca majalah luar negeri. karena disini masih bnyk madia yg mengabarkan omong kosong dan harapan palsu. Dan dari sinilah semuanya bermulai."

Buluk Superglad:
"itu karena atlet-atlet INA sudah pada lemah dan tidak sekuat dulu lagi. terbukti pd saat thomas dan uber cup kmrn, anak mudanya pd semangat ngedukung tim INA, tapi ternyata kalah juga. Sama, rasa nasionalisme luntur krn jaman skrang sudha bnyk informasi dari dunia barat, sedangkan informasi tentang negara kita semakin simpang siur. atau bisa jadi krn bendera kita kurang menarik ya? mungkin kalau bendera kita lebih keren, pasti generasi muda skrg akan dgn bangga memasangnya di kamar atau di mobil mereka."

Manik Laluna:
"karena pelajaran sejarah hanya pelajaran untuk dihafalkan belaka, bukan pelajaran untuk dihayati maknanya."

Muh. Yunus 17agustus:
"menurut gw nasionalis itu bisa ada karena kita bangga dengan indonesia ini, sedangkan apa yg mau di banggakan? tidak ada sesuatu yg bisa dibanggakan, kalau pun ada tidak pernah diexpose oleh pemerintah atau media. satu lagi Indonesia tidak bisa mengemas hal-hal yg berbau nasionalis dengan keren! hahahha."

nasionalis itu pertandingan PSSI, Thomas dan UBER cup, nasionalis itu bencana alam. maksudnya hanya karena kejadian2 di atas rakyat lalu bergerak secara nasional.
heuheuheu.

so, how about you ?

Tidak ada komentar: